Beberapa peningkatan keamanan pada android oreo atau android 8.0


    Beberapa peningkatan keamanan pada android oreo atau android 8.0

    Beberapa peningkatan keamanan pada android oreo atau android 8.0

    Sebuah sistem operasi pasti erat kaitan nya dengan sistem keamanan yang terdapat didalam nya , Kamu bisa bayangkan jika sistem operasi yang kamu gunakan rentan banget terhadap segala bentuk konten yang merusak.

    Seperti hal nya virus ransomware yang baru baru ini membuat kepanikan di berbagai belahan dunia , Untuk itu google developer lebih mengutamakan aspek keamanan dari os yang mereka buat, Sebenarnya pada android versi 7.0 atau Nougat sudah ada sistem keamanan yang dapat menjaga smartphone android kamu dari ancaman virus dan malware yang berbahaya.

    Baca juga : Internet gratis dari google station

    Nougat juga sudah dibekali dengan sebuah aplikasi yang dapat menyembunyikan aplikasi lain yang sedang kita jalankan atau di buka, Google juga mengembangkan keamanan pada aspek internetnya dimana pengguna tidak perlu khawatir lagi dengan banyaknya jebakan batman atau clickjacking yang bertebaran di sosial media, sebuah jebakan clickjacking biasanya telah diarahkan pengguna internet ke dalam situs tertentu yang memang sudah diarahkan untuk peretasan.

    Atau mereka sengaja menggiring para korbanya untuk masuk keperangkap yang telah mereka siapkan , Contohnya kamu bisa lihat di group group facebook, Ada akun clonningan (Akun palsu) yang menyebar gambar dengan tulisan ketik seperti di gambar ini dan lihat berapa sekor nilai kecerdasan kamu atau lainya , Tanpa disadari banyak sekali dari mereka yang mengikuti arahan tersebut dan mengeklik link nya , Yang tentu saja itu adalah perangkap mereka. Lihat gambar dibawah ini.
    Contoh clickjacking di facebook
    Dan llihat mereka yang terkena ajakan tersebut !
    Hasil dari ajakan

    Baca juga : Android oreo rilis 2017 oleh google


    Lalu bagaimana dengan peningkatan keamanan pada android oreo ?

    Berikut ini adalah beberapa peningkatan pada sistem keamanan android oreo yang perlu kamu ketahui.

    #1. Sistem update yang lebih mudah.

    Dengan arsitektur Project Treble di jantung Oreo, Android 8.0 lebih modular daripada versi Android masa lalu, sehingga memudahkan dan lebih cepat bagi vendor untuk membangun dan memberikan update keamanan Android di masa depan. Jadi kamu nggak perlu susah lagi untuk mendapatkan update security secara realtime dan online, Yang penting pastikan terlebih dahulu speed dari internet yang kamu gunakan.

    #2. Peningkatan pada fitur WIFI.

    Sebenarnya pada jaringan wifi itu rentan sekali masuk berbagai macam bentuk virus , malware atau bug jahat lainya yang dapat membobol privacy di smartphone yang sedang kamu gunakan, Dan kini kalangan muda mudi lebih suka tuh cari jaringan wifi gratisan padahal mereka tidak pernah sadar bahwa ada bahaya yang secara tidak langsung dapat mengincar mereka, Maka dari itu Google lebih mengembangkan keamanan terhadap fitu WIFI di android 8.0 .

    Begini alur dari pengamanan akses wifi yang diberikan oleh android 8.0, Saat kamu terkoneksi dengan wifi gratisan atau WIFI Public secara otomatis Android 8.0 akan menjalankan asisten Wi-Fi Oreo dan mengamankan koneksi dengan akses VPN ke Google.

    Dengan begitu jaringan yang sedang kamu pakai akan di filter terlebih dahulu keamanannya. Hmm keren yah. . . Tertarik menggunakan android 8.0 baca deh bagaimana cara menginstall dan mendownload nya cara install dan download android oreo terbaru

    #3. Pemasangan Aplikasi yang Tidak Dikenal Lebih Aman.

    Sering install apps atau aplikasi diluar dari google play store ? Atau mungkin sering download apk amatiran yang belum tentu aman untuk digunakan di android kamu ? Hmm tanpa kamu sadari aplikasi aplikasi tersebut terkadang berisi malware yang dapat memata matai semua kegiatan di smartphone yang kamu gunakan, Atau bahkan mereka memasukan virus yang membuat smartphone kamu jadi rusak.

    Nah di Android 8.0 ini Google telah meningkatkan keamanan saat kamu menginstall aplikasi diluar dari google play store, Karena Menurut Google, fitur keamanan baru di Android 8.0 tidak akan mengizinkan aplikasi yang kamu download dari sumber tidak dikenal untuk beroperasi tanpa izin eksplisit dari pengguna.

    #4. Keaman pada setiap aplikasi di bekali dengan Secure Computing (SECCOMP).

    Akhirnya, Google menerapkan dukungan untuk teknologi keamanan SECCOMP Linux. Dengan SECCOMP, Android secara eksplisit menyediakan daftar panggilan sistem yang diizinkan. Jadi tidak akan ada lagi tu aplikasi yang dapat merusak sistem android kamu, Kecuali mungkin kalau smartphone kamu sudah di ROOT.

    #5. Mematikan fitur SSLv3.

    Dengan Android 8.0, Google akhirnya tidak lagi mendukung protokol SSL versi 3.0 yang lebih tua dan tidak aman. SSLv3 terbukti tidak aman pada bulan Oktober 2014 saat periset Google pertama kali mengungkapkan kelemahan POODLE. Selain itu, dengan Oreo, Android tidak akan lagi mundur ke protokol TLS yang lebih tua bila koneksi tidak dapat dilakukan.

    Baca selengkapnya https://support.mozilla.org/id/kb/apa-pesan-error-sslv3-arti-firefox

    Untuk informasi resmi mengenai android 8.0 silahkan lihat disini https://www.android.com/versions/oreo-8-0/

    Bagaimana masa iya kamu tidak tertarik menggunakan android versi terbaru dari google ini ? Hmm semoga artikel ini menjadi penambah wawasan untuk kita semua, Jangan lupa membagikannya ke teman teman kamu yak, Terus pantengin blog http://www.carahackwifi.net/ karena masih banyak lagi informasi terupdate mengenai dunia teknologi dan internet.
    Advertisement