Software untuk membatasi pemakaian bandwidth tanpa mikrotik


    Software untuk membatasi pemakaian bandwidth
    Tahukah kamu jika semua perangkat yang terhubung ke internet terkadang menghabiskan bandwidth yang tidak terduga, Seperti contohnya jika kamu menggunakan Windows yang mengaktifkan auto download update, Software yang memerlukan pembaharuan secara online, Atau bahkan antivirus yang selalu melakukan update secara otomatis. Hal itu tentu saja akan mempengaruhi kecepatan dasar dari internet kamu, Untuk mengatasi kecolongan bandwidth tentu hal yang bisa kita lakukan adalah membatasi pemakaian bandwidth pada setiap software yang ada di komputer kita.

    Bagaimana cara membatasi pemakaian bandwidth pada komputer?

    Yang paling umum biasanya untuk melakukan management bandwidth pasti menggunakan hardware tambahan seperti Mikrotik, Tapi tidak semua orang mau membeli hardware tersebut, Karena selain membutuhkan keahlian khusus harga dari perangkat tersebut juga bisa di bilang cukup mahal.

    Lalu bagaimana cara lain agar kita tetap bisa membatasi penggunaan bandwidth pada komputer?

    Agar dapat melakukan pengaturan jumlah pemakaian bandwidth kita bisa menggunakan beberapa software khusus , Ada 3 software yang bisa kita gunakan selain itu software ini juga gratis.
    Apa saja software untuk mengatur penggunaan bandwidht pada komputer?
    Berikut adalah software yang digunakan khusus untuk memanagement penggunaan data internet di komputer silahkan kamu pilih.
    Traffic Shaper XP software untuk mengatur bandwidth
    #1. Traffic Shaper XP
    Traffic Shaper XP adalah salah satu aplikasi traffic shaping, Software ini cocok buat kamu yang ingin memanagement pemakaian bandwidth jaringan internet sekala rumahan, Kamu dapat melihat penggunaan data internet secara live , Untuk mengatur kecepatan bandwidth kamu harus membuat sebuah perintah dengan mengeklik menu pilihan Add Rulles.
    Silahkan download sofwarenya disini
    pfSense Bandwidth Management software untuk mengatur bandwidth
    #2. pfSense Bandwidth Management
    Software pfsense adalah sebuah software yang efektif dalam memanagement jaringan internet, Kamu bisa membatasi bandwidth berdasarkan ip address, memprioritaskan kecepatan internet untuk game online, memblokir situs dll.
    Download Software nya disini
    Untuk cara setting bisa kamu baca disini : https://turbofuture.com/computers/How-to-Configure-Deep-Packet-Inspection-Using-pfSense
    Atau disini : http://pfsensesetup.com/pfsense-setup-part-one/
    Forum : https://forum.pfsense.org/
    Video tutorial menggunakan pfSense Bandwidth Management



    #3.NetBalancer
    NetBalancer adalah alat lalu lintas internet yang dirancang untuk menyajikan manajemen penuh atas prioritas aplikasi dan proses yang beroperasi pada komputer Kamu. Kamu perlu menggunakan NetBalancer untuk menetapkan prioritas tingkat download atau upload untuk aplikasi apapun dan sebagai tambahan, pantau lalu lintas internetnya.
    NetBalancer software management bandwidth internet
    Ada beberapa metode di mana Kamu dapat membatasi lalu lintas yang digunakan oleh setiap aplikasi. Salah satunya adalah melakukan apa yang paling banyak didapat manajer dan klien torrent yang siap jumlah tertentu untuk tingkat download atau upload. Sedangkan teknik ini bekerja, tidak dinamis karena ketika Kamu mengatur tingkat download di browser Kamu menjadi 100 KB / s sedangkan game, setelah Kamu mengakhiri permainan, bandwidth lebih mungkin akan bebas namun unduhan tetap akan menjadi 100 KB / s sampai Kamu mengubahnya secara manual. NetBalancer memiliki satu cara ekstra efisien untuk membatasi lalu lintas dengan menetapkan prioritas pada aplikasi Kamu. Yang berarti program dengan prioritas terbaik memiliki kemungkinan pertama pada bandwidth, namun bila tidak menginginkannya, mereka yang memiliki prioritas rendah bisa menggunakannya saat berada di luar sana.
    Download Software nya disini
    Untuk Tutorial Video silahkan lihat dibawah ini.


    #4. Shunra Nimbus
    Ini adalah alat yang cukup sederhana untuk digunakan dengan hanya satu pilihan untuk dikonfigurasi, namun ingat bahwa Shunra Nimbus TIDAK cocok untuk sistem operasi di atas Windows XP dan kemungkinan dapat menyebabkan crash Vista atau 7 ,Software Ini benar-benar bekerja sedikit berbeda sama sekali dengan alat di atas karena Nimbus akan membatasi sistem bandwidth secara luas sehingga sangat membantu jika Kamu ingin membatasi satu sistem saat bermain game atau mendownload satu sama lain yang memanfaatkan koneksi internet yang sama.
    Shunra Nimbus software untuk mengatus bandwidth internet
    Pilihan yang ada di luar sana adalah dengan memilih kecepatan bandwidth yang hanya perlu Kamu batasi dan Kamu pasti mengklik Play. Ini memiliki pengaturan dari 14,4 menjadi 256. Angka-angka ini dihitung di Kb (kilobit) per detik dan bukan Kilobyte sehingga Kamu membagi jumlahnya menjadi 8. Oleh karena itu, Kamu dapat membatasi Internet pada 32 KB / s yang jelas sangat lambat pada standar waktu ini Keluar dari sistem ini akan mengembalikan trafik ke normal. Hobi Nimbus sudah tidak tersedia lagi atau terdaftar di situs resminya.
    Download Software nya disini.


    Bagaimana cara membatasi bandwidth di windows tanpa software?

    Klik tombol Start dan kemudian di Run
    Ketik gpedit.msc untuk meluncurkan snapshot halaman kebijakan Grup Windows
    Sekarang navigasikan sebagai Computer Configuration> Administrative Templates> Network> QOS Package Scheduler dari panel di sisi kanan
    Sekarang klik pada Limit Reservable Bandwidth untuk mendapatkan perubahan yang dilakukan
    Setelah klik tombol Settings dan masukkan persentase sesuai keinginan untuk membatasi kecepatan internet.
    Setting bandwidth di windows tanpa software
    Software lain untuk membatasi penggunaan bandwidth internet
    P2POver, ataupun SoftPerfect Bandwidth Manager.

    Advertisement