Cara Mengatasi Tidak Bisa Download atau Mengirim File Media di WhatsApp


    Biasanya, komunikasi dan file sharing via WhatsApp bekerja sangat lancar. Namun, masalah terkadang bisa muncul saat Kamu ingin mendownload atau mengirim foto atau file lainnya. Penyebabnya bisa beragam dan berkisar dari mulai whatsapp server down 2017 atau bisa juga karena buruknya koneksi internet pada perangkat mobile Kamu ke kartu memori yang rusak.
    whatsapp server down 2017

    Tutorial ini akan memandu Kamu melalui beberapa solusi untuk masalah yang mungkin Kamu hadapi saat mendownload atau mengirim file media di WhatsApp.

    Apa yang Harus Dilakukan jika Kamu Tidak Bisa Download atau Mengirim File Media di WhatsApp? 


    Hal pertama yang dapat Kamu lakukan adalah memastikan ponsel Kamu tersambung ke Internet dan memiliki sinyal yang cukup kuat terus pastikan juga kamu memiliki paket data yang cukup. Untuk menguji ini, Kamu bisa mencoba memuat halaman web. Caranya ya buka saja google chrome lalu search suatu web dan buka, Contoh coba buka carahackwifi.net ada masalah tidak? Kalau tidak ada berarti internet kamu baik baik saja, Kalau tidak bisa membuka cek dulu deh kuota atau paket data kamu masih ada tidak?

    Baca juga : Cara Mudah Menyembunyikan Chat di WhatsApp

    Jika ini tidak menyelesaikan masalah Kamu, pastikan tanggal dan waktu pada aplikasi Kamu ditampilkan dengan benar, Secara default biasanya tanggal dan waktu pada smartphone akan di perbaharui otomatis, Tapi tidak menutup kemungkinan kalau kamu pernah mengatur pengaturan jam dan tanggal secara manual.

    Kamu juga harus memastikan bahwa Kamu memiliki cukup ruang kosong pada kartu microSD atau memori internal perangkat Kamu. Jika memori kamu penuh silahkan coba menghapus beberapa file yang tidak Kamu butuhkan lagi, jika perlu.

    Baca juga: Cara Membuka Banyak Akun WhatsApp di Komputer

    Jika Kamu secara khusus mengalami masalah saat mendownload file, pastikan kartu microSD ponsel Kamu (jika ada) tidak diatur ke read only. Kamu bisa mengujinya dengan mencoba menyimpan file media diluar WhatsApp. Jika bisa menyimpan file diluar whatsapp, itu berarti Kamu tidak mengaktifkan pengaturan ini. Jika Kamu tidak dapat, ubah pengaturan keamanan kartu memori Kamu atau coba hapus beberapa file dari folder WhatsApp pada kartu memori.

    Setelah mengikuti langkah-langkah ini, Kamu harus me-restart perangkat Kamu. Setelah restart selesai, Kamu seharusnya tidak lagi mengalami masalah dalam mendownload file WhatsApp. Jika masalah berlanjut, sebagian kartu microSD mungkin rusak. Untuk memperbaikinya, buat cadangan data Kamu dan, kemudian, formatlah.

    Baca juga : Cara Menghapus Chat yang Sudah terkirim di WhatsApp

    Jika masalah berlanjut setelah Kamu mencoba semua solusi ini, Berarti ada kemungkinan kamu harus mengganti kartu microSD dengan yang baru, karena mungkin sudah rusak.

    Terimakasih ^_^
    Advertisement