Cara Menjalankan Software atau Program Windows di Mac


    MacOS atau OS X adalah sistem operasi yang dikembangkan oleh Apple, Biasanya digunakan untuk perangkat macintosh, OS ini masih serumpun dengan UNIX jadi jangan kaget kalau tidak semua program windows bisa di jalankan disana. Tapi tenang saja kita masih punya banyak cara agar tetap dapat menjalankan program atau software windows di MacOS.
    Cara Menjalankan Software atau Program Windows di Mac
    Untuk dapat menjalankan program atau aplikasi windows kita akan menggunakan 5 Cara diantaranya sebagai berikut.

    #1. Menjalankan software windows di mac menggunakan Virtual Machine.

    Virtual machine adalah sebuah software atau program yang digunakan untuk menjalankan program lain nya seperti misalnya kita ingin menjalankan sistem operasi di dalam sebuah sistem operasi. Dalam artian lain Virtual Machine adalah implementasi perangkat lunak dari sebuah mesin komputer yang dapat menjalankan program sama seperti layaknya sebuah komputer asli.
    Nah kalau sudah paham gimana kalau kita terapkan hal itu ke komputer mac kita? Tentu bisa bukan.
    Menjalankan Program Windows di MacOS menggunakan Virtual Machine
    Virtual machine yang paling populer atau sering digunakan adalah VMWare , Parallel dan Vitual Box Tapi jika kamu pengen yang gratisan kamu hanya bisa menggunakan Virtual Box karena emang bersifat Open Source. Sedangkan untuk VMWare dan Parallels kamu mesti membeli lisensinya terlebih dahulu sebelum menggunakan nya.

    Silahkan kunjungi situs resmi dari masing masing virtual machine diatas.
    VMWare Disini
    Parallels Disini
    VirtualBox Disini

    Untuk cara menginstall Windows di VMware lihat video dibawah ini.


    #2. Cara Menjalankan software windows di macOs Menggunakan Wine

    Wine adalah sebuah aplikasi dari linux yang berfungsi untuk menjalankan suatu program di komputer yang tidak kompitible dengan program tersebut, Dia bertugas untuk menulis ulang kode dari program yang akan dijalankan di MacOS , Sebenarnya aplikasi ini hanya bisa untuk menjalankan program linux di mac os tapi ada beberapa program windows juga yang bisa dijalankan nya. Lihat disini lebih lengkapnya. https://appdb.winehq.org/
    Cara Menjalankan software windows di macOs Menggunakan Wine
    Aplikasi WINE ini gratis jadi kamu tidak perlu menggunakan lisensi windows untuk dapat menjalankan softwarenya. Silahkan download disini : https://www.winehq.org/ untuk cara menginstall nya baca disini : https://wiki.winehq.org/Wine_Installation_and_Configuration

    #3. Cara Menjalankan software windows di macOs Menggunakan Boot Camp

    Boot Camp adalah aplikasi yang dibuat oleh Apple aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat 2 sistem operasi berjalan bersamaan dalam sebuah komputer, Atau yang lebih familiar di dengar dengan istilah DUAL BOOT jadi nanti akan ada 2 pilihan login di komputer mac kamu ada Windows dan ada Mac OS.
    Cara Menjalankan software windows di macOs Menggunakan Boot Camp
    Kamu bisa mendownload boot camp disini
    Untuk cara penginstallan baca disini

    #4. Cara Menjalankan software windows di macOs Menggunakan CrossOver Mac

    CodeWeavers 'CrossOver Mac adalah aplikasi berbayar yang akan menjalankan program Windows di Mac. Ini menggunakan kode Wine open-source untuk mencapai hal ini, namun CrossOver menyediakan antarmuka grafis yang bagus dan berfokus pada program populer yang mendukung secara resmi. Jika program yang didukung secara resmi tidak berfungsi, Kamu dapat menghubungi CodeWeavers dan mengharapkannya bekerja untuk Kamu. CodeWeavers menyumbang perbaikan mereka kembali ke proyek Wine open-source, sehingga membayar untuk CrossOver Mac juga membantu proyek Wine itu sendiri.
    Cara Menjalankan software windows di macOs Menggunakan CrossOver Mac

    Untuk mendownload program ini silahkan kunjungi situs nya : https://www.codeweavers.com/

    #5. Cara Menjalankan software windows di macOs Menggunakan Remote Desktop

    Jika Kamu sudah memiliki sistem Operasi Windows, Kamu bisa melewatkan perangkat lunak Windows yang berjalan di Mac Kamu sepenuhnya dan menggunakan perangkat lunak desktop jarak jauh untuk mengakses mesin Windows dari desktop Mac Kamu. Organisasi dengan perangkat lunak bisnis yang berjalan di Windows dapat meng-host server Windows dan membuat aplikasinya tersedia untuk Mac, Chromebook, PC Linux, iPad, tablet Android, dan perangkat lainnya. Jika Kamu hanya pengguna rumahan yang juga memiliki PC Windows, Kamu dapat mengkonfigurasi PC Windows untuk akses jarak jauh dan menghubungkannya kapan pun Kamu memerlukan aplikasi Windows. Ingatlah bahwa ini tidak ideal untuk aplikasi visual yang intensif seperti permainan PC.
    #5. Cara Menjalankan software windows di macOs Menggunakan Remote Desktop
    Ada banyak pilihan software lain selain Remote Desktop Windows seperti misalnya Teamviewer.


    Advertisement