tidak bisa menambah akun google di android?


    terjadi masalah saat berkomunikasi dengan server google, tidak dapat menjalin sambungan yang dapat diandalkan ke server, tidak dapat masuk ke server google masalah seperti ini pasti sering ditemui bagi para pengguna Android saat akan menambah akun baru google di android. Saat kamu melakukan reset atau mengembalikan kondisi Android ke settingan pabrik pasti kamu akan disuruh memasukan akun gmail untuk dapat mendownload aplikasi di Google store, Playstore. Banyak diantara sobat pasti bingung bagaimana cara mengatasi tidak bisa login ke android menggunakan akun gmail tersebut.
    tidak bisa menambah akun baru google di android?
    Malam ini saya akan coba kasih beberapa tips jitu untuk mengatasi permasalahan gagal login akun google di android, Semoga dapat kamu mengerti dan bisa dipraktekin langsung.

    Jika Kamu mengalami masalah saat mencoba mengakses Play Store atau mengunduh/memperbarui aplikasi, kami menyarankan beberapa langkah berikut untuk mengatasi Kamu.

    Baca juga : Cara Membuat Form Login Hotspot Tanpa Mikrotik

    Sebelum mengikuti langkah di bawah ini, pastikan perangkat Kamu adalah perangkat yang didukung Google (link) dan tidak dalam keadaan ROOT atau menggunakan kustom ROM. 

    Jika perangkat Kamu termasuk perangkat yang tidak didukung Google atau dalam keadaan ROOT, kami menyarankan Kamu menghubungi service center resmi terdekat atau manufaktur pembuat perangkat tersebut agar dapat dibantu dengan lebih baik.

    Coba setiap langkah di bawah ini dan periksa apakah langkah tersebut dapat mengatasi masalah "Kesalahan saat mengambil informasi dari server" atau "Diperlukan autentikasi. Kamu perlu masuk ke Akun Google". Jika semua langkah di bawah tidak dapat menyelesaikan masalah Kamu, beritahu kami informasi berikut:


    1. Apa tipe ponsel Kamu?
    2. Berapa versi Android OS yang terpasang?
    3. Berapa versi aplikasi Play Store dan Play Services yang terpasang?
    4. Apa Kamu pernah berhasil masuk / mengunduh dari Play Store dengan versi yang sama sebelumnya?
    5. Apa hal ini juga terjadi pada perangkat Kamu yang lain dengan versi aplikasi Play Store yang sama?
    6. Berapa kode error yang muncul dan lampirkan screenshot dari pesan error tersebut?

    Berikut cara mengatasi tidak bisa menambah akun baru google di android

    Jelaskan langkah yang Kamu ambil hingga muncul error tersebut.
    Langkah 1 - 8 untuk mengatasi tidak dapat masuk atau mengakses aplikasi Play Store dan Langkah 1 - 12 untuk mengatasi masalah saat download atau install aplikasi dari Play Store:

    #1. Pastikan Kamu dapat mengakses akun Google Kamu dari komputer


    1. Buka https://play.google.com/store dari komputer
    2. Masuk ke akun Google yang sama dengan di perangkat Kamu (kanan atas)
    3. Setelah berhasil masuk, buka kembali aplikasi Google Play Store 
    4. Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi

    #2. Pastikan perangkat Kamu sudah menggunakan sistem operasi versi terbaru yang tersedia


    1. Buka Setelan (roda gerigi) > Tentang ponsel > Pembaruan sistem > Periksa apakah ada pembaruan
    2. Kembali ke layar utama, lalu buka kembali aplikasi Google Play Store
    3. Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi

    #3. Hidupkan ulang perangkat


    1. Tekan dan tahan tombol daya / Power
    2. Pilih “Matikan daya”
    3. Tunggu beberapa saat, kemudian tekan dan tahan tombol daya untuk menyalakan perangkat
    4. Buka kembali aplikasi Google Play Store 
    5. Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi 

    #4. Periksa tanggal dan waktu

    1. Buka Setelan (roda gerigi) > Tanggal & waktu
    2. Pastikan Tanggal & waktu otomatis telah diaktifkan
    3. Buka kembali aplikasi Google Play Store
    4. Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi

    #5. Periksa koneksi internet pada perangkat Kamu

    Jika menggunakan koneksi data, pastikan APN dari operator SIM Kamu sudah benar
    Coba periksa dengan menggunakan WiFi dan cek apakah Play Store dapat diakses dengan normal
    Jika Play Store hanya dapat diakses dengan menggunakan WiFi, coba ganti dengan kartu SIM dari operator lain. Jika masalah teratasi, maka masalah ada pada jaringan SIM tersebut. Pastikan sinyal dari kartu SIM tersebut kuat dan stabil dengan mencoba untuk browsing internet.

    Baca juga : Mengatasi Gagal Login di Snapchat

    Jika Play Store hanya dapat diakses dengan menggunakan data seluler, coba sambungkan dengan WiFi dari modem atau ruter lain dan cek apakah Play Store dapat diakses dengan normal. Jika masalah teratasi, maka masalah ada pada modem tersebut dan cobalah untuk restart kembali modemnya.
    Buka kembali aplikasi Google Play Store
    Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi

    #6. Hapus cache dan data dari Play Store, Pengelola unduhan / Download manager, dan Layanan Google Play / Google Play Services


    1. Buka Setelan (roda gerigi) > Aplikasi > Semua
    2. Cari dan buka aplikasi Google Play Store > Hapus data > Paksa berhenti
    3. Cari dan buka aplikasi Pengelola unduhan / Download Manager > Hapus data > Paksa berhenti
    4. Cari dan buka aplikasi Layanan Google Play / Google Play Services > Hapus cache 
    5. Kembali ke layar utama, lalu buka kembali aplikasi Google Play Store 
    6. Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi

    #7. Hapus dan tambahkan kembali akun Google di perangkat Kamu


    1. Buka Setelan (roda gerigi) > Akun > Google
    2. Sentuh akun yang terkoneksi dengan Play Store > Menu (3 titik di kanan atas) > Hapus akun > Hapus akun 
    3. Setelah menghapus akun, buka kembali Setelan (roda gerigi) > Akun > + Tambahkan akun > Google
    4. Kembali ke layar utama, lalu buka kembali aplikasi Google Play Store
    5. Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratas

    #8. Hapus dan update kembali aplikasi Play Store


    1. Buka Setelan (roda gerigi) > Aplikasi > Semua
    2. Cari dan buka aplikasi Google Play Store > Copot pemasangan pembaruan > Oke
    3. Pastikan koneksi internet Kamu kuat dan stabil lalu buka aplikasi Play Store dan coba unduh kembali

    Baca juga : Cara Mudah Login Ke WIFI ID

    Jika Kamu mengalami kesalahan saat mengambil informasi dari server saat mengunduh ([RPC:S-XX]) atau tidak dapat memasang “Nama aplikasi” dengan kode kesalahan: XXX saat mengunduh dari Play Store, ikuti langkah 1 - 8 di atas terlebih dahulu dan tambahkan langkah di bawah ini jika langkah di atas masih belum berhasil:

    #9. Periksa pembaruan aplikasi Google Play Store


    1. Buka aplikasi Google Play Store > Menu (3 garis di kiri atas) > Setelan > Versi bentukan > Oke
    2. Jika Kamu melihat pesan "Versi baru Google Play Store akan diunduh dan dipasang", pastikan jaringan internet di perangkat Kamu kuat dan stabil untuk mengunduh pembaruan Play Store 
    3. Coba unduh/perbarui aplikasi Kamu setelah aplikasi Google Play Store diperbarui
    4. Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi

    #10. Periksa ruang penyimpanan internal perangkat dan hapus file yang tidak terpakai untuk menambah ruang penyimpanan

    Cek sisa ruang penyimpanan di Setelan (roda gerigi) > Penyimpanan & USB
    Jika ruang penyimpanan internal kamu penuh, hapus data atau aplikasi yang tidak kamu gunakan atau pindahkan ke kartu SD untuk menambah ruang penyimpanan internal. Beberapa aplikasi mungkin tidak dapat dipasang/diperbarui atau tidak dapat berjalan dengan normal jika ruang penyimpanan internal penuh
    Lepaskan kartu SD melalui Setelan > Penyimpanan & USB > kartu SD > Lepaskan kartu SD
    Copot kartu SD dari perangkat lalu kembali ke layar utama dan unduh kembali aplikasi dari Google Play Store
    Pasang kembali kartu SD setelah berhasil diunduh
    Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi

    #11. Unduh aplikasi dari website Play Store di komputer


    1. Buka https://play.google.com/store dari komputer
    2. Masuk ke akun Google yang sama dengan di perangkat Kamu (kanan atas)
    3. Cari aplikasi yang ingin Kamu unduh, lalu pilih perangkat Kamu dan tekan tombol pasang / install
    4. Jika Kamu melihat pesan "aplikasi tidak kompatibel", maka aplikasi tersebut tidak didukung untuk dipasang di perangkat Kamu. Kami menyarankan Kamu untuk menghubungi pengembang aplikasi tersebut
    5. Pastikan koneksi internet di perangkat Kamu kuat dan stabil dan periksa apakah aplikasi tersebut berhasil dipasang
    6. Ikuti langkah selanjutnya jika belum teratasi

    #12. Matikan opsi Sumber tidak dikenal pada menu Setelan

    Buka Setelan (roda gerigi) > Keamanan > matikan Sumber tidak dikenal / Unknown source (tidak perlu diubah jika berwarna abu-abu)
    Kembali ke layar utama, lalu buka kembali aplikasi Google Play Store dan coba unduh aplikasi.

    Baca Juga : Cara Login ke WIFI ID menggunakan Android untuk internetan Gratis
    Advertisement