10 Tips aman menggunakan wifi


    10 Tips aman menggunakan wifi

    10 Tips aman menggunakan wifi di komputer dan android.

    Masih suka pakai jaringan wifi gratis yang ada di tempat umum ? Seperti di kafe , perkantoran , kampus , atau bahkan perumahan ? Sudah tahu belum apa saja hal menakutkan yang bisa di akibatkan oleh penggunaan wifi secara sembaragan ?

    Contoh resiko yang bisa di dapatkan dari penggunaan Free WiFi

    Ingat kejahatan itu bisa saja mengincar kamu ketika si pelaku melihat ada celah atau kesempatan dia untuk masuk ke sistem kamu !, Pernah dengar ada nasabah suatu bank yang saldo di atm nya bisa berkurang sendiri atau pernah dengar ada orang yang merasa di permalukan karena foto dan data privasi nya di sebar ke internet ?

    Sepertinya emang sudah jadi hal yang dicari banget kalau ada suatu area yang menggratiskan akses jaringan wifi nya , Sudah pasti jadi tempat tongkrongan anak muda milenial masa kini, Padahal tanpa disadari ada banyak sekali resiko membahayakan yang tersembunyi di dalam nya.

    Beberapa resiko tersebut sudah saya jabarkan diatas coba baca, Itu adalah beberapa contoh kecil dari bentuk kejahatan di internet. Masih banyak lagi hal menakutkan yang bisa menimpa para pengguna internet apalagi kalau pakai internetnya suka ngasal asal gratis libas, minta password terus bagiin ke teman teman, Parahnya lagi malah di pakai buat browsing video video b***ep duuuh sangat memprihatinkan heheheh.

    Malam ini saya pengen memberi informasi mengenai cara yang benar dalam menggunakan akses internet terutama saat menggunakan akses internet dari WiFi baik gratis maupun tidak. Tapi kalau di fikir-fikir jika Provider besar yang ada di indonesia bisa kebobolan sama hacker gimana jadi nya yak hehehe #Dipikirsambilngopi.

    Inilah beberapa tips aman saat menggunakan wifi public.

    #1. Jangan pernah membuka akun sosmed , perbankan (Internet Banking), serta akun bersifat pribadi dan penting lainnya di jaringan wifi public jika kamu tidak menggunakan VPN , Kamu bisa lihat artikel tentang software hacking yang bisa digunakan untuk mencuri data tersebut disini 20 Aplikasi hacker terbaik yang ada di android khususnya pada software Sniffing, Itu baru aplikasi di android nah kalau si hacker pakai komputer gimana ? Lebih bahaya bukan.

    #2. Mematikan wifi ketika kamu sedang tidak menggunakan nya , Hal sepele seperti ini sering sekali luput dari fikiran kita padahal jika wifi kamu terus hidup padahal kamu tidak sedang menggunakan nya untuk beraktifitas hal ini sama saja dengan kamu memberi celah untuk hacker atau orang yang tidak bertanggung jawab menemukan perangkat kamu, dan bukan itu saja dengan mengaktifkan wifi tanpa digunakan sudah pasti akan membuat baterai smartphone kamu cepat habis atau bahkan malah jadi soak atau rusak. Belum lagi ada banyak iklan dari aplikasi aplikasi yang sudah kamu install pasti tuh pada nongol kalau ada internet yang terkoneksi ke perangkat andro kamu.

    Jangan lupa juga untuk menggunakan Extention Don't track me / Blur pada browser yang kamu pakai.

    Download dan install extention don't track me disini dan blur disini (Untuk Google Chrome)
    Kalau untuk Firefox download disini don't track me dan disini blur

    Ket. Extensi diatas berguna agar siapapun tidak bisa melacak kegiatan kamu saat browsing di internet.
    #3. Menggunakan VPN pada setiap koneksi internet yang kamu gunakan, Lihat 15 Aplikasi VPN terbaik dan tercepat untuk android kalau mau yang aman bener ya beli VPN yang versi premium yak, Untuk penjelasan dan apa kegunaan dari VPN bisa kamu telusuri di Artikel itu.
    penjelasan VPN
    Intinya VPN bisa menyembunyikan identitas asli setiap kali kamu menggunakan internet. Jadi kamu akan tetap Anonim walaupun sebenarnya kamu menggunakan IP public.

    #4. Jangan lupa untuk membersihkan cache setelah kamu menggunakan jaringan free wifi atau silahkan bersihkan wifi yang pernah terhubung di android kamu biasanya tulisannya "lupakan wifi / network" gitu di settingan wifi andro kamu.

    #5. Selalu memperhatikan SSID sebelum mengkoneksikan perangkat ke jaringan wifi, Awas ya biasanya Hacker itu Mengklone atau menirukan SSID wifi yang aman kemudian membroadcast nya jatuhnya sama dengan jebakan batman kalau kamu masuk ke jaringan wifi yang sengaja di buat untuk kejahatan habislah sudah hahaha, Apalagi waktu sudah konek kamu membuka sosmed, internet banking, dll.

    #6. Gunakanlah Antivirus yang terbaik untuk perangkat kamu bila perlu yang bisa mendeteksi malware jahat yang ingin masuk ke PC atau andro kamu cek artikelnya disini Aplikasi pembersih virus terbaik untuk android kalau kamu menggunakan dengan sistem operasi Windows kamu bisa pakai MSE (Microsoft Security Essential)

    Note : Antivirus yang baik dan bagus adalah antivirus yang selalu di update, Bukan antivirus namanya kalau kamu tidak pernah melakukan update pada software tersebut. Karena pembuat virus nggak selamanya selalu baper dan putus asa , Mereka pasti selalu mengembangkan Virus yang lebih jahat lagi.

    #7. Gunakan Jaringan WIFI yang memerlukan 2 tahap validasi seperti WIFI ID contohnya "Kamu bisa saja terkoneksi dengan WIFI ID tapi kalau kamu belum memasukan username dan password maka pasti kamu belum bisa internetan.

    Jadi kalau bisa ya carilah WIFI yang benar benar safety bro.

    #8. Usahakan untuk semua File password kamu sudah di kunci dan disimpan dengan benar jika memang kamu menyimpan nya di PC atau Smartphone kamu. Jangan meletakannya sembarangan yak "Yaah anak TK juga tau bang " heheheh.

    #9. Setelah berhasil login ke jaringan wifi public biasanya kamu pasti akan di arahkan ke browser coba di cek dulu URL nya jangan langsung ketik keyword pencarian "Hati hati banyak banget web phising, Dimana data yang kamu entrikan di dalamnya otomatis akan terkirim ke si pembuat web phising. Cari deh informasinya mengenai phising.
    mengecek url sebelum internetan

    #10. Selalu menggunakan sambungan koneksi yang aman atau HTTPS:// Apa itu https:// ? Hypertext Transfer Protokol Secure (HTTPS) adalah versi aman dari HTTP, protokol komunikasi dari World Wide Web atau WWW.
    Selalu menggunakan sambungan koneksi yang aman

    Ditemukan oleh Netscape Communications Corporation untuk menyediakan autentikasi dan komunikasi tersandi / terenskripsi dan penggunaan dalam komersi elektris.

    Nah bagaimana caranya agar kita selalu menggunakan koneksi aman HTTPS:// ?
    Caranya cukup mudah kamu tinggal download extention untuk browser kamu nama extensi tersebut adalah https everywhere silahkan di download dibawah.

    Download HTTPS Everywhere untuk Google Chrome disini
    Download HTTPS Everywhere untuk Firefox disini
    Download HTTPS Everywhere untuk Opera disini

    Nah itulah 10 tips aman dalam menggunakan Free wifi semoga menjadi ilmu baru yang bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari hari. Lakukanlah pencegahan sebelum semua berakhir dengan PENYESALAN cieeh keren abang ini hahahaha sampai jumpa di tutorial menarik lainnya.
    Advertisement