cara mempercepat koneksi wifi speedy


    cara mempercepat koneksi wifi speedy

    cara mempercepat koneksi wifi speedy

    Lelah dengan koneksi Wi-Fi yang lambat ? Berjuang untuk waktu yang lama agar halaman termuat dan terbuka di browser Anda sambil mengerutkan kening di depan layar android atau PC Anda ? Serta sampai mengutuk Penyedia Layanan Internet Anda?

    Bagi Anda pengguna layanan internet dari Speedy atau Indihome pasti pernah merasakan betapa lolaknya jaringan wifi yang anda gunakan, Ternyata ada banyak sekali faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, Seperti "Mungkin wifi Anda sudah berhasil dibobol oleh orang lain.

    Lalu bagaimana cara mengamankan wifi anda ?

    Di blog ini kalau tidak salah saya pernah memberi informasi tentang maslah ini, Jika Anda malas mencarinya silahkan baca saja disini tips nya :

    Beberapa tips untuk mengamankan Wifi Anda.


    1. cara mudah mengamankan wifi dari hacker
    2. cara jitu mengantisipasi wifi agar tidak dipakai orang lain
    3. 10 Tips agar wifi tidak bisa di bobol hacker

    Cara untuk melihat dan mengetahui pengguna wifi Anda.


    Wi-Fi adalah teknologi sensitif, dan pengawasan sederhana dapat berdampak negatif pada kecepatan browsing. Ada banyak cara untuk mendapatkan koneksi jaringan nirkabel lebih cepat di rumah, Seperti yang ada pada artikel sebelum nya yaitu cara efektif mempercepat koneksi jaringan wifi atau yang berkaitan seperti Bagaimana cara mempercepat koneksi internet menggunakan DNS serta di antaranya ada yang lebih efisien daripada yang lain. Berikut adalah tweak yang bisa membantu Anda meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda.

    Jika Anda telah menjelajah internet dengan tujuan menemukan solusi untuk mengatasi masalah ini, Pernahkah Anda mendengar tentang pengaturan Channel yang baik untuk sebuah Router ? atau

    Tahukah Anda bahwa router Wi-Fi Anda memiliki Channel?

    Ternyata cukup dengan mengganti atau merubah channel di router Anda bisa membuat perbedaan drastis dalam segi kecepatan internet wifi Anda, terutama jika Anda tinggal di gedung apartemen dengan banyak gangguan dari sinyal Wi-Fi lainnya. Bahkan beberapa gadget dan elektronik lainnya seperti telepon nirkabel dan microwave juga bisa mengganggu kecepatan dari internet Wi-Fi yang Anda gunakan.

    Bagaimana cara setting channel yang ada pada router ?

    Berikut adalah tutorial terperinci tentang cara meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda hanya dengan memilih saluran yang tepat dari router Anda. Simak tweak sederhana ini yang membantu Anda dalam cara terbaik untuk menaikkan kecepatan wi-Fi Anda.

    Channel di Wi-Fi Router
    Sebagian besar router Wi-Fi modern disiarkan di berbagai frekuensi. Jaringan Wi-Fi dirumah biasanya menggunakan rentang frekuensi radio yang sempit antara 2.4GHz dan 5 GHz untuk transmisi sinyal.

    Biasanya, 2,4 GHz cukup untuk rumah besar dengan beberapa lantai karena sinyal bergerak jauh dan memperoleh kemampuan menembus melalui dinding dengan sangat mudah. Tapi untuk rumah yang lebih kecil, 5 GHz adalah yang terbaik untuk digunakan karena menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat, meski dalam rentang yang lebih pendek.

    Cara Sederhana Setting Channel Wi-Fi di router 

    Memilih saluran Wi-Fi yang tepat adalah tugas yang paling penting jika Wi-Fi kecepatannya sangat lambat. Hanya dengan memilih saluran yang tepat, ia kemudian dapat meningkatkan kecepatan jaringan Wi-Fi Anda. Untuk mengubah saluran Wi-Fi router Anda, Anda perlu masuk ke antarmuka web router Anda di browser web.

    Masuk ke pengaturan Wi-Fi >> Temukan opsi Channel Wi-Fi >> Pilih Channel Wi-Fi baru Anda.

    Kalau Anda menggunakan router bawaan dari speedy biasanya Anda bisa mengakses halaman admin nya melalui IP 192.168.1.1 atau 192.168.0.1 silahkan masukan user dan pass nya lalu cari settingan Channel disana.
    setting channel router tplink
    Cek disini untuk settingan TPLink http://www.tp-link.com/lb/faq-474.html

    Masalah selanjutnya yang ada dalam pikiran Anda adalah bagaimana memilih saluran yang tepat dan benar untuk mendapatkan kecepatan wifi yang baik. Selain menggunakan channel 1, 6 dan 11, Anda selanjutnya dapat menggunakan teknik tambahan berikut untuk memilih channel terbaik.

    Bagaimana Meningkatkan Kecepatan Wi-Fi Anda dengan Memilih Channel yang Tepat? 

    Berikut adalah berbagai teknik yang membantu Anda meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda hanya dengan memilih channel yang tepat di router Wi-Fi Anda. Coba lihat!

    #1. Menggunakan Aplikasi Android-WiFi Analyzer

    Kalau Anda pengen melihat kualitas channel yang baik menggunakan Android anda bisa pakai Aplikasi Android-WiFi Analyzer, Wifi Analyzer adalah aplikasi mobile yang membantu Anda menemukan saluran yang kurang ramai untuk router nirkabel Anda. Anda dapat menginstalnya pada perangkat mobile Anda untuk menemukan kekuatan sinyal dari sinyal wi-fi di sekitar rumah Anda.
    Teknik pertama menggunakan Aplikasi Android-WiFi Analyzer
    Silahkan cari mana channel yang tidak banyak digunakan oleh pemilik wifi lainya.
    Download Aplikasi nya disini

    Baca juga : 8 Software scan wifi terbaik untuk komputer

    #2. Mac OS X – Wireless Diagnostics

    Jika Anda adalah pengguna Macintosh, Mac OS X memiliki fitur diagnostik nirkabel terintegrasi di dalamnya. Anda dapat memanfaatkan fitur ini untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi jaringan pada perangkat Anda. Cukup ikuti langkah sederhana yang diberikan di bawah ini:

    1. Awalnya, tahan tombol Option dan klik ikon Wi-Fi yang terletak di menu bar. 
    2. Sekarang, pilih Open Wireless Diagnostics dari daftar pilihan. 
    3. Klik Menu Windows dan pilih Open Wireless Diagnostics. 
    4. Kemudian, klik Window Menu dan pilih Utilities. 
    5. Sekarang, Anda perlu memilih Tab Pindai Wi-Fi dan cukup klik Scan Now.

    cara mencari channel terbaik untuk sinyal wifi pada mac os
    Anda dapat melihat dua saluran seperti saluran 'Saluran 2,4 GHz Terbaik' dan 'Saluran 5 GHz Terbaik' yang akan merekomendasikan saluran Wi-Fi yang sempurna secara otomatis sehingga mudah menggunakannya di router sehingga meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda.

    #3. Menggunakan Command di Linux

    Buka terminal dan ketik saja perintah berikut yang diberikan di bawah ini yang ada di semua distribusi Linux modern:
    Sudo iwlist wlan0 scan | grep (Channel
    cara mencari channel terbaik untuk sinyal wifi pada linux

    #4. Untuk di windows silahkan gunakan software CommView for WiFi disini http://www.tamos.com/download/main/ca.php


    Ini adalah cara yang berbeda untuk meningkatkan kecepatan Wi-Fi Anda dengan memilih channel router yang tepat. Semoga bermanfaat dan berguna bagi kita semua penikmat internet.
    Advertisement