Cara Menyembunyikan File Rahasia di Google Drive


    Cara Menyembunyikan File Rahasia di Google Drive
    Google Drive adalah layanan penyimpanan daring / online yang dimiliki Oleh Google yang diluncurkan pada 24 April 2012. Layanan ini merupakan ekstensi dari Google Docs dan akan mengganti URL docs.google.com dengan drive.google.com setelah diaktifkan, Di Google Drive kamu bisa menyimpan File berbentuk apa saja dan untuk kapasitas penyimpanan kamu di beri ruang sebesar 15 GB tapi ada juga tuh yang bisa dapat space penyimpanan Unlimited atau tanpa batasan ini biasanya di peruntukan bagi mereka yang memiliki email edu atau masih duduk di bangku sekolah dan kuliah biasanya sih untuk pelajar yang tinggal di eropa , Tapi sekarang sudah banyak kok yang menyediakan jasa pembuatan Akun Google Drive Unlimited ini.

    Baca juga : How to Change a Theme in Gmail

    apa kegunaan dari google drive?

    Kegunaan dari Google Drive yang paling utama adalah untuk menyimpan semua data baik berupa gambar, foto, pdf, doc, video, excel, exe dll Jadi ketika kamu sudah membuat Email di Google Secara otomatis kamu sudah mendapatkan fitur dari Google Drive ini. Kamu bisa mengsinkronisasi data dari PC jadi kamu bisa membuat dan berbagi data dan dokumen di google drive tersebut. Selain itu kamu juga bisa mengakses data file dari mana saja di rumah ataupun di kantor dengan terhubung dengan internet pastinya.

    Bagaimana cara menggunakan Google Drive?

    Cara menggunakan Google Drive sangatlah mudah kamu tinggal membuat Email di Google caranya:

    Membuat akun Gmail

    Untuk mendaftar ke Gmail, buat Akun Google. Kamu dapat menggunakan nama pengguna dan sandi untuk login ke Gmail dan produk Google lainnya seperti YouTube, Google Play, dan Google Drive.
    Cara Membuat Email Gmail
    Buka Halaman pembuatan Akun Google.
    Ikuti langkah-langkah di layar untuk menyiapkan akun Kamu.
    Isikan dengan data diri kamu yang sesungguh nya, Jika sudah semua silahkan gunakan akun yang Kamu buat untuk login ke Gmail.

    Ketentuan Membuat Akun Gmail.

    Nama pengguna yang saya inginkan telah dipakai orang lain
    Kamu tidak akan bisa mendapatkan alamat Gmail tertentu jika nama pengguna yang Kamu minta:
    Sudah digunakan
    Sangat mirip dengan nama pengguna yang sudah ada (misalkan, jika contoh@gmail.com sudah ada, Kamu tidak dapat menggunakan cont0h@gmail.com)
    Sama seperti nama pengguna yang pernah dipakai seseorang, yang kemudian telah dihapus
    Tidak disediakan oleh Google untuk mencegah spam atau penyalahgunaan

    Cara Membuka Google Drive.

    Setelah kamu masuk ke email silahkan buka link berikut : https://drive.google.com/drive/
    Disana kamu bisa langsung menarik file yang ada di komputer untuk di upload atau kamu bisa juga klik Baru untuk memilih file yang akan di upload baik berupa Folder maupun File satu persatu.
    Cara Upload File di Google Drive

    kelebihan dan kekurangan google drive?

    Kelebihan dari Google Drive jika kamu sudah mensinkron kan Akun Gmail ke Google drive maka secara otomatis semua file kamu akan terback up disana, Bisa membuat form untuk pendaftaran dan lain nya, Bisa berbagi file apapun kepada teman di seluruh dunia secara Online, Bisa di Akses dimanapun asal tehubung dengan internet, File dijamin Aman sampai kapanpun, Tidak akan hilang dan tidak mudah di bobol orang lain, dan masih banyak lagi.

    Baca juga : How to Back Up Your Gmail Account

    Kekurangan dari Google Drive kita memerlukan internet untuk dapat mengaksesnya, Saya yakin pasti sobat disini masih banyak yang mengalami kendala internet di rumah nya, Bagi sebagian orang space disk 15 GB masih terlalu sedikit, Ada limit saat mendownload file yang melampaui batas maximal download harian dll.

    Bagaimana cara menyembunyikan File Rahasia di Google Drive?

    Hal ini tentu saja perlu kita lakukan untuk menjaga file yang kita miliki agar tidak diketahui oleh orang lain yang tentunya sudah mengetahui Akun yang kita punya, Karena kalau mereka tidak bisa akses ke akun kita sudah dipastikan mereka juga tidak akan tahu apa saja file yang terdapat di google drive kita.

    Baca juga : How to Change Your Gmail Username

    Sebenarnya untuk menyembunyikan file Google drive kita bisa memanfaatkan settingan Privacy dari Google Drive. Disitu kita bisa memilih file terlihat , file bisa dibuka tapi tidak bisa di download, file bisa di download, dll.
    Tapi Gimana kalau file yang kita punya emang harus benar benar dirahasiakan?
    Caranya kita mesti merubah format dari file tersebut berikut langkah nya:
    #1. Login ke Akun Google Drive kamu.
    #2. pilih file yang ingin Kamu upload dan letakkan di Google Drive. Sekarang klik kanan pada file di dalam drive dan kemudian dari pilihan yang muncul pilih opsi Manage Versions. Dari sana pilih Upload opsi New Version dan upload file lain seperti gambar, file atau dokumen format yang berbeda dengan relatif terhadap file rahasia yang Kamu upload.
    Langkah menyembunyikan File di google drive

    #3. Setelah mengunggah versi baru file tersebut, cukup ganti namanya menjadi nama lain yang bisa Kamu pikirkan. Proses ini untuk memastikan file tersebut benar-benar berubah untuk Google Drive, jadi jangan ragu untuk mengubah format file juga.

    Ganti Nama File di Google Drive
    #4. Sekarang Google Drive akan mengenali file tersebut sebagai gambar atau file format lainnya sesuai dengan jenis file versi baru yang Kamu unggah. Akan ada thumbnail untuk file tergantung pada versi terbaru yang Kamu upload dan kapanpun orang akan mengklik file mereka tidak akan dapat memuat file rahasia Kamu. File akan dimuat sebagai format file dan Kamu menamainya ulang. Seperti jika Kamu menamai file tersebut sebagai .jpg maka akan membuka format gambar, tapi tidak akan muncul di layar.

    Baca juga : How to Block Senders in Gmail

    #5. Terapkan prosedur di atas ke semua file yang ingin Kamu sembunyikan di dalam Google Drive dan Kamu tidak perlu khawatir jika ada orang yang melihat file rahasia Kamu!

    Advertisement