Bagaimana Cara Overclock Android Agar Menjadi Lebih Cepat?


    Cara Overclock AndroidOverclock adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada cara untuk membuat suatu perangkat untuk berjalan di kecepatan yang lebih tinggi daripada ketentuan atau standart dari sipembuat perangkat tersebut. Prinsipnya adalah membuat kinerja lebih tinggi.
    Bagaimana Cara Overclock Android Agar Menjadi Lebih Cepat?
    Tetapi perlakuan ini sangat beresiko menyebabkan kestabilan sistem yang berkurang sampai rusaknya periferal computer yang dilewahjamkan. Lewahjam biasanya dipraktikkan oleh para pengguna PC untuk "memaksa" periferal komputer bekerja di atas kemampuan standar yang ditentukan pabrikannya dengan tujuan akhir untuk meningkatkan kinerja komputer.

    Bagaimana dengan Overclock Android? Apakah bisa dilakukan? Apa ada resiko saat melakukan Overclock pada Android?

    Overclock memang biasanya hanya dilakukan pada perangkat komputer, Tetapi semakin majunya teknologi aktivitas Overclock juga bisa kita lakukan pada perangkat Android, Untuk resiko pasti ada tapi masih bisa di minimalisir jika kita tidak salah langkah dalam melakukan praktek overclock di Android.

    Kebanyakan dari kita saat membeli Smartphone pasti hal pertama yang dilirik adalah RAM dari smartphone tersebut, Padahal pada dasarnya RAM saja tidak cukup untuk mendapatkan performa yang lincah di Android, Misal kamu punya Android dengan RAM 3 GB namun saat melakukan tugas multitasking secara bersamaan mendadak deh Android kamu terasa sangat lelet. Lalu apa penyebabnya? Ya tentu saja Prossesor pada Android tersebut. Nah untuk mengatasi permasalahan seperti ini kamu mesti cobain melakukan Overclock pada Android kamu.

    Perlu di ingat sebelum kita melakukan Overclock pada Android yait jangan berharap banyak peningkatan kecepatan proses di android karena peningkatan yang bisa dilakukan setelah overclock tentu mempunyai batas tertentu.

    Misalkan, prosesor Kamu 2Ghz tapi kamu ingin mendapatkan kecepatan prosesor menjadi 2.3Ghz maka Kamu bisa menggunakan proses overclocking untuk mendapatkan tambahan 0.3Ghz tersebut.

    Langkah melakukan overclock pada Android.

    Peringatan sebelum melakukan overclock pada Android, Proses overclock tentu saja memaksa sebuah perangkat untuk bekerja diatas normal , Jadi masalah seperti Android cepat panas pasti akan ditemukan dan Proses overclock ini juga termasuk proses yang tidak aman, Resiko kerusakan pada sistem android bisa saja terjadi sewaktu waktu, Untuk semua resiko yang kamu dapatkan dari proses ini semua ditanggung kamu sendiri. Disini kami hanya memberi tutorial untuk pembelajaran saja terimakasih. Jika kamu bersedia menerima semua kemungkinan hal buruk saat melakukan overclock android silahkan teruskan membaca tutorial ini.
    1. Agar bisa melakukan overclock kamu harus melakukan root pada android yang kamu punya.
    2. Download dan instal aplikasi SetCPU for Root Users di Android kamu.
    3. Buka aplikasi nanti aplikasi akan meminta Kamu untuk memberikan izin root. Silahkan kamu berikan semua izin yang dibutuhkan dan secara otomatis apps ini akan memeriksa kecepatan perangkat Kamu.
    4. Kamu dapat mengatur kecepatan maksimum dan minimum perangkat sesuai keinginan Kamu. Catatan: Jangan sentuh Set to Boot sampai Kamu tidak sudah tepat saat menyetting kecepatan prosesor untuk android kamu.
    5. Untuk lebih detailnya silahkan lihat video dibawah ini.
    Silahkan aktifkan Subtitle dari video dibawah ini ke bahasa indonesia!



    Saya ingatkan sekali lagi jika kamu masih ragu jangan lakukan overclock pada Android kamu !!!

    Aplikasi untuk overclock android lainnya:

    1. No-frills CPU Control
    2. AnTuTu CPU Master (Free)
    3. Tegrak Overclock Ultimate
    4. Kernel Adiutor (ROOT)
    5. Milestone Overclock
    Aplikasi lainya bisa kamu cek di Google Playstore, Oke sobat itulah cara overclock android, Semoga bermanfaat dan menambah wawasan baru bagi sobat semua terimakasih sudah mau mampir diblog ini ^_^
    Advertisement